Feb10

10 Feb 2018

MANFAAT SENAM PAGI BAGI TUBUH

Jasamarga Tollroad Operator

Jika memang olahraga berat sulit untuk dilakukan, maka tidak ada salahnya untuk mencoba jenis olahraga yang lebih ringan namun tetap optimal dalam menjaga kebugaran. Contohnya, senam pagi.

Meskipun sering dianggap sepele, namun senam pagi yang umumnya melibatkan gerakan tubuh yang ritmis dan sistematis ini terbukti memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Apa sajakah manfaat senam pagi yang dimaksud ? Ini dia penjelasan lengkapnya:

1. Menghambat proses penuaan

Jarang yang mengetahui bahwa salah satu manfaat senam pagi adalah untuk menghambat proses penuaan. Dengan melakukan gerakan senam, sistem peredaran darah akan berjalan dengan lancar. Darah, seperti yang kita ketahui, mengangkut oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap jaringan tubuh. Jadi, jika peredarannya lancar, maka setiap anggota tubuhpun akan mendapatkan pasokan nutrisi esensial serta oksigen yang memadai. Hasilnya, akan terlihat lebih bugar, segar, dan bergairah.

2. Meningkatkan kebugaran fisik Dengan melakukan gerakan senam yang ritmis dan dinamis, secara tidak langsung telah memompa produksi hormon adrenalin. Inilah yang kemudian membuat jantung berdetak lebih cepat sehingga akan terhindar dari penyakit kardiovaskular. Selain itu, banyaknya otot tubuh yang bekerja saat melakukan gerakan senam akan menurunkan resiko mengalami cedera otot atau persendian.

3. Menyeimbangkan osteoblast dan osteoclast

Manfaat senam pagi yang selanjutnya adalah untuk menyeimbangkan osteoblast dan osteoclast. Dua istilah tersebut mengacu pada sel yang ada pada tulang. Jika osteoclast merupakan sel yang berfungsi untuk membentuk tulang dari tulang rawan dan jaringan ikat membran, maka osteoblast merupakan sel yang berfungsi untuk memecah matriks tulang yang telah mati dan kemudian menyerap kalsium yang tersisa di dalamnya untuk diubah menjadi tulang yang baru. Banyak ahli berpendapat bahwa senam pagi dapat menyeimbangkan jumlah osteoblast dan osteoclast. Hasilnya, pembentukan tulang di dalam tubuh akan berjalan optimal sehingga terhindar dari risiko osteoporosis serta penyakit tulang lainnya.

4. Membantu menurunkan berat badan

Bagi yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, maka senam pagi bisa menjadi salah satu jenis olahraga ideal yang dapat dicoba. Pilihlah jenis senam yang banyak melibatkan gerakan aktif dan cepat, seperti senam aerobik. Lincahnya gerakan pada senam aerobik akan membuat tubuh Anda lebih aktif dalam membakar kalori. Apalagi jika senam dilakukan sebelum sarapan, maka tubuh yang belum mendapatkan pasokan kalori akan membakar lemak sebagai cadangan energinya.

5. Menciptakan perasaan bahagia

Layaknya jenis olahraga lainnya, senam pagi juga dapat merangsang otak untuk melepaskan hormon endorphin. Hormon ini dikenal banyak pihak sebagai hormon berfungsi untuk memperbaiki mood, meningkatkan imunitas, mengurangi stres, serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Itu tadi lima manfaat senam pagi bagi kesehatan. Selain baik bagi tubuh, senam pagi yang umumnya dilakukan dalam kelompok dengan jumlah orang yang lumayan banyak juga akan meningkatkan kualitas kehidupan sosial. Jadi, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Karenanya, jangan malas senam pagi, ya!(Titik Mulyaningsih - JMKT)-red